PHINTAS Daily Report & Shares Review 19th August 2022
View PDF
19 Aug 2022

GLOBAL MARKET REVIEW

Indeks-indeks Wall Street melanjutkan penguatan terbatas di Kamis (18/8). Penguatan tersebut didorong dari laporan keuangan sejumlah emiten peralatan semikonduktor dan payment software yang mencatatkan pendapatan lebih tinggi dari perkiraan pasar.

Mayoritas bursa eropa ditutup menguat pada perdagangan Kamis (18/8), ditengah berlanjutnya kewaspadaan pasar atas prospek inflasi. Penguatan tersebut ditopang dari realisasi pendapatan sejumlah emiten. Sementara itu, tingkat inflasi final di kawasan Eropa naik ke 8.9% yoy di Juli dari 8.6% yoy di Juni. Kenaikan inflasi tersebut sesuai dengan perkiraan di 8.9% yoy dan menjadi rekor tertinggi sejak 25 tahun terakhir.

Di sisi lain, mayoritas indeks regional Asia ditutup melemah di Kamis (18/8), merespon risalah FOMC The Fed pada bulan Juli 2022. Dalam risalah tersebut, The Fed berencana mengurangi agresifitas kenaikan The Fed Rate dalam waktu dekat.

DOMESTIC MARKET REVIEW

IHSG [Resistance : 7200] [Pivot : 7130] [Support : 7080]

IHSG menjaga posisinya di atas lower bound rising rectangle. Artinya, bullish trend IHSG masih cukup kuat untuk saat ini. Terlebih, Stochastic RSI kembali berpeluang membentuk golden cross di oversold area, jika IHSG bertahan di 7180. di Jumat (19/8). Potensi uji level 7200, jika penguatan berlanjut (19/8). IHSG diperkirakan akan kembali ditopang oleh rebound saham-saham komoditas, terutama coal producers. Harga coal telah kembali ke atas US$400 per ton per 17 Agustus 2022. Rebound harga coal ini salah satunya dipicu ekspektasi peningkatan demand dari negara-negara di Eropa ditengah persiapan memasuki musim dingin. Dari dalam negeri, optimisme pelaku pasar cenderung tinggi menyusul penyampaian asumsi dasar makro dalam RAPBN 2023. Salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan mencapai 5.3% yoy di 2023. Sementara inflasi diperkirakan sebesar 3.3% yoy, jauh lebih rendah dari inflasi per Juli 2022 yang di 4.94% yoy. Asumsi ini memperkuat keyakinan bahwa lonjakan inflasi yang tengah terjadi bersifat temporer.

Top picks untuk Jumat (19/8), selain ADRO, HRUM dan PTBA, adalah CPIN, JPFA, WMUU, KRAS, ANTM dan TLKM. 

MARKET NEWS

BBKP PT Bank KB Bukopin Tbk

Iwan Dharmawan mengundurkan diri sebagai Direktur PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP), Perseroan telah menerima surat pengunduran diri Iwan Dharmawan pada 16 Agustus 2022. Permohonan pengunduran diri tersebut akan diputuskan dalam RUPS yang akan digelar pada 24 Agustus 2022 sesuai dengan peraturan yang berlaku.

PTPP PT PP (Persero) Tbk

PT PP (Persero) Tbk (PTPP) mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp13.55 triliun (+41.90% yoy) hingga akhir Juli 2022. Sebagai rincian, perolehan kontrak baru tersebut didominasi dari BUMN (SOE) sebesar 74%, pemerintah sebesar 22% dan swasta sebesar 4% (empat persen). Komposisi perolehan proyek tersebut terdiri dari Induk sebesar 70.18% dan Anak Usaha sebesar 29.82%.

AGRO PT Bank Raya Indonesia Tbk

PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) berencana menerbitkan sebanyak 3.5 miliar lembar saham senilai Rp100 per saham melalui rights issue atau sebesar 15.39% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan. Dana bersih dari rights issue tersebut akan digunakan untuk memperkuat permodalan Perseroan yang dapati digunakan sebagai ekspansi modal kerja dalam penyaluran kredit.

BCAP PT MNC Kapital indonesia Tbk

Anak usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), di bawah manajemen PT MNC Investama Tbk (BHIT) memperkuat ekosistem digital dengan meluncurkan MotionCredit. MotionCredit merupakan aplikasi pembiayaan digital hasil kerjasama antara PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing) dan PT MNC Finance (MNC Finance).

MDKA PT Merdeka Copper Gold Tbk

PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) menyuntik modal entitas usaha USD200 juta. Penguatan modal Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) bernilai strategis. Yaitu, untuk belanja modal, biaya konstruksi, operasional, dan bayar utang.